Manfaat Teknologi Informasi Bagi Pendidikan

Perkembangan teknologi informasi yang semakin lama semakin pesat. Banyak memberikan dampak yang positif di berbagai bidang terlebih lagi pada bidang pendidikan. Dengan perkembangan dan kemajuan Teknologi Informasi semua orang dengan mudah bisa mengakses dan membagi informasi dengan secara cepat.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari Teknologi Informasi bagi pendidikan. Jika anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak, maka ikuti terus pembahasannya pada artikel ini.

Apa Saja Manfaat Teknologi Informasi Bagi Pendidikan?

Meningkatkan kualitas pendidikan

Saat ini pendidikan adalah satu aspek yang telah dipercaya masyarakat sejak lama yang bisa  meningkatkan kualitas hidup. Akan tetapi, pendidikan yang tidak bisa menerapkan programnya dengan baik karena tidak mengikuti zaman dapat menurunkan kualitasnya. Disinilah peran Teknologi Informasi sangat penting dimana jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sangat terbuka lebar.

Teknologi informasi bisa menjadi alat yang bisa memudahkan proses kegiatan belajar mengajar oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Terlebih lagi peserta didik dapat memanfaatkannya untuk lebih banyak lagi dalam menggali ilmu sehingga selain mendapatkan ilmu dari guru juga bisa mendapatkan pengetahuan melalui teknologi informasi saat ini. Jadi intinya jika pendidik dan siswa dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik dan maksimal, maka kualitas pendidikan akan semakin baik.

Sebagai pendukung dalam pembelajaran

Dalam proses KBM yang merupakan singkatan dari kegiatan belajar mengajar, tidak jarang peserta didik merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru yang mungkin salah satunya karena penjelasan materinya yang monoton. Dengan adanya teknologi informasi, saat ini para pendidik dapat menemukan alternatif cara mengajar yang lebih interaktif dan efektif. Sebagai contoh, dengan menampilkan materi pelajaran lewat slide presentasi yang diproyeksikan dari laptop atau computer dengan video-video yang bisa membuat siswa tertarik dan menyukainya sehingga siswa bisa lebih focus lagi dalam menyerap materi yang disampaikan.

Sebagai media paling efektif dalam mendapatkan informasi

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan dalam bidang pendidikan yaitu teknologi informasi bisa menjadi media paling efektif dalam mendapatkan informasi. Kerapkali saat mengerjakan tugas ataupun memperoleh materi yang telah diajarkan oleh seorang guru, para siswa masih kesulitan dalam mempelajarinya.

Namun dengan kehadiran teknologi infomasi maka siswa akan bisa melakukan pencarian lewat google yang telah banyak diketahui oleh anak-anak dan remaja pada umumnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi sampai sekarang ini. Terlebih lagi saat ini banyak Tips Aplikasi yang bertebaran yang berbasis edukasi dan dapat diakses dan diunduh oleh siapapun yang memiliki ponsel android.

Batasan dalam belajar bisa dihindari

Masih ingat dengan masa pandemic covid 19 sejak tahun 2019 lalu. Dengan merebaknya pandemic covid 19 membuat semua kondisi pekerjaan dan aktifitas lain penuh dengan keterbatasan terutama dalam pendidikan pendidikan.

Disinilah manfaat teknologi informasi sangat dirasakan oleh semua peserta didik dimana teknologi informasi hadir sebagai penyelamat dan solusi dari penyampaian materi yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka oleh guru. Sebab KBM di sekolah terpaksa dihentikan untuk sementara waktu dalam rangka menghindari terjadinya penyebaran virus covid 19.

Dengan situasi yang terbatas tersebut teknologi informasi berhasil menjadi media yang dapat membuat siswa dan guru bisa melakukan KBM secara daring.

Demikian beberapa manfaat yang dapat diambil dari kahadiran teknologi informasi bagi pendidikan. Cukup banyak manfaat yang dapat diperoleh jika teknologi informasi digunakan dengan baik dan tentunya hal ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di semua Negara.

 

Tinggalkan Balasan